Home » » 14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik

14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik

14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik


14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik
14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik Ini saya persembahkan untuk Anda yang memiliki hobi atau pekerjaannya yang tidak jauh-jauh dari menulis atau mengetik, khususnya bagi Anda yang seorang blogger atau internet marketing.

Keuntungan dari menerapkan “14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik” ini tentu saja agar sipembaca tidak bosan dan jenuh. Malah sebaliknya! mereka akan menikmati setiap alunan kata demi kata dalam tulisan yang sudah Anda buat, dan yang lebih penting lagi, ini juga untuk merangsang otak kanan sipembaca !

Perlu di catat sebelumnya bahwa Ini hanyalah artikel yang berisi saran-saran dan tips saya saja, Selebihnya Anda yang menilainya sendiri.

Semoga kegembiraan menyertai Anda.

Persiapan-Persiapan sebelum memulai menulis:
→ Bagi Anda laki-laki sediakan kopi dulu biar lebih mantaps dan nikmat saat menulis artikel :)
14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik
→ Bagi Anda perempuan sediain teh anget aja, biar lebih enjoy sambil menikmati teh anget :)
14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik
→ Cari Posisi duduk yang enak ! Jangan sambil tiduran sob, nanti jadi kebiasaan buruk
→ Pasang Musik yang Indah :) Biar lebih bernuansa Dan Biar lebih enjoy untuk diresapi juga.

Ini dia “14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik” :

1. Gunakan gaya menulis seperti bercakap-cakap (tanya jawab sendiri)

Sebelum saya menulis, saya selalu membayangkan diri saya sedang berbicara dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda, dan sayapun membayangkan bahwa Anda dan saya sedang saling bertatap muka. Ini berguna agar Anda pun merasa bahwa saya sedang menganggapi/merespon pertanyaan Anda. Semua orang suka ditanggapi/direspon! Jadi, apa yang Ada dikepala Anda yang sekiranya itu bermanfaat untuk orang lain, Anda tulis saja dalam bentuk gaya bicara Anda sendiri atau gaya bicara kebanyakan orang lain dalam berbicara. Cara membuatnya gampang, Anda pernah ber smsan kan? atau chating? nah lakukan seperti itu, tunggu dulu ini belum selesai, Biar lebih nyata gunakan imajnasinya sob. Kata einsten imajinasi adalah segala-galanya loh :D,Jadi sekali-kali pakai imajinasi ya sobat .

2. Keluarkan semua hasrat atau emosi Anda

Didalam dunia hiburan, seperti para musisi, tampil dengan penuh gairah adalah hal yang wajib dikuasai, Ini berguna agar emosi sipenonton ikut tersentil oleh alunan melodi dari permainan para musisi tersebut. Begitupun dengan menulis, Anda harus bisa menyentil emosi si pembaca. Ini supaya pembaca merasakan sesuatu yang berbeda ketika membaca tulisan Anda.
Tapi sebelumnya Anda harus Percaya diri dulu kepada kemampuan Anda.

3. Gunakan kalimat pendek, singkat, dan padat

Jujur saja, kadang jika saya berkunjung ke suatu blog, lalu disitu terlalu banyak basa-basinya, selanjutnya kadang saya merasa malas, bahkan kadang-kadang menjadi bad mood untuk membaca keseluruhan tulisannya. Saya, Anda, Dan orang lain itu sama, tidak suka membuang-buang waktu kan? . So, To the poin ajalah,
Semoga kegembiraan menyertai Anda.
Lanjut!

4. Gunakan aturan bahasa yang mudah dipahami

Saya kadang sering dibuat bingung oleh orang yang membuat suatu postingan diblog yang hampir bahkan keseluruhan bahasanya menggunakan bahasa inggris. Bukannya saya tidak mengerti, tapi yang membuat saya bingung adalah, sipenulis blog itukan berasal dari warga indonesia, dan dimaksudkan untuk warga Indonesia. Ya Seharusnya gunakan bahasa orang awam saja toh, Kan niatnya untuk dipahami dan dimanfaatkan oleh orang yang belum tahu (awam), bukan untuk gengsi-gengsian kan?. Ok!

5. Menulislah untuk satu orang

Coba Anda perhatikan kata demi kata dalam tulisan ini, Anda lihat bahwa saya ini menulis seakan-akan hanya khusus untuk Anda saja. Saya menganggap bahwa saya hanya sedang berduaan dengan Anda. Alasan saya melakukan hal ini bertujuan agar Anda bisa lebih akrab dengan tulisan saya, agar Anda merasa bahwa semua yang saya tulis ini memang khusus untuk Anda saja, Dan Anda pun merasa bahwa saya peduli kepada Anda.

Bagaimana cara membuatnya? Mudah saja. Gunakanlah kata “ ANDA”, “KAMU”, atau “AGAN” Untuk pembaca . Dan “SAYA” atau “AKU” untuk Anda sendiri. Hindari penggunakan kata “ bagi para pembaca sekalian” atau “bagi para netter sekalian”, dll. Kuncinya adalah Anggaplah bahwa tulisan Anda ini hanya didedikasikan untuk satu orang bukan lebih.

Para penulis besar seperti Rhonda Byrne dan Dr. Joe Vitale, menggunakan cara seperti ini dan sangat menyarankan hal ini. Untuk contoh karya tulisan Rhonda byrne silahkan klik → The Secret Versi Bahasa Indonesia

6. Menulislah dengan memanggil sipembaca dengan nama orang yang satu-satunya Anda cintai didunia ini

Dari 14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik dan menghipnotis, Menurut saya Tips keenam inilah yang sangat saya suka, Tips yang menurut saya paling menarik Ini, Saya kadang menerapkannya, kadang juga tidak.

Sebelum saya menjelaskannya, terlebih dulu saya ingin bertanya kepada Anda, siapa orang yang Anda cintai? Anda pasti punya dong orang yang menurut Anda itu is the best lah pokoknya . Mungkin pacar Anda , atau orang tua Anda. Jika Anda sudah menentukan siapa orang yang Anda cintai, selanjutnya saya ingin bertanya lagi kepada Anda, siapa nama orang tersebut? intan, riska, isha, dewi, bejo, atau Ardi ..

Jika Anda sudah menentukan siapa nama orang yang Anda cintai, sekarang saatnya menulis. Tulislah nama orang tersebut, sebagai kata pengganti untuk “ANDA” Atau “KAMU”. Lalu setelah itu nama orang tersebut diganti lagi menjadi “ANDA” atau “KAMU” atau mungkin “AGAN”. Biar Anda tidak bingung saya akan buatkan contohnya untuk Anda.

contoh nama orang yang saya cintai adalah namanya “intan”, Ini Contoh saja, jangan di gosipin..
Okey langsung saja.
Ini contoh satu paragrafnya :
▼▼▼▼▼▼Coba INTAN perhatikan kata demi kata dalam tulisan ini, INTAN akan melihat bahwa saya ini menulis seakan-akan hanya khusus untuk dibaca INTAN saja. Saya menganggap bahwa saya hanya sedang berduaan dan ngobrol dengan INTAN. Alasan saya melakukan hal ini bertujuan agar INTAN bisa lebih akrab dengan tulisan saya, agar INTAN merasa bahwa semua yang saya tulis ini memang khusus untuk INTAN, Dan INTAN pun merasa bahwa saya peduli kepada INTAN.
▲▲▲▲▲▲
Nah Anda lihat sendirikan disitu ada nama-nama “INTAN”. Setelah tulisan Anda sudah selesai. Saatnya Anda ganti lagi kata-kata “INTAN” menjadi “Anda” atau “kamu” . Jadinya akan seperti ini:
▼▼▼▼▼▼
Coba ANDA perhatikan kata demi kata dalam tulisan ini, ANDA akan melihat bahwa saya ini menulis seakan-akan hanya khusus untuk dibaca ANDA saja. Saya menganggap bahwa saya hanya sedang berduaan dan ngobrol dengan ANDA. Alasan saya melakukan hal ini bertujuan agar ANDA bisa lebih akrab dengan tulisan saya, agar ANDA merasa bahwa semua yang saya tulis ini memang khusus untuk ANDA, Dan ANDA pun merasa bahwa saya peduli kepada ANDA.
▲▲▲▲▲▲
Nah paham yah.. Seperti poin nomer 4 yaitu menulislah untuk satu orang . Eits Tunggu dulu! biar lebih menusuk lagi gunakan kata “SAYANG”

7. Masukan emoticon dalam tulisan yang Anda buat

Seperti yang Anda tau sendiri, Emoticon Adalah sebuah gambar atau lambang atau raut muka seseorang. Kalau Anda belum tau nih seperti dibawah ini :

keberadaan emoticon dalam tulisan Anda Berguna agar pembaca tau, mana kata-kata yang bercanda dan mana kata yang serius, kata-kata itu bisa lebih tajam kawan.

Jadi lebih baik hati-hati!.
Pemasukan ini juga sangat penting untuk sedikit menghibur pembaca, Kalau pembaca sudah tersenyum-senyum sendiri persis seperti orang gila,

itu berarti Anda sudah berhasil membuat pembaca merasa terhipnotis dengan tulisan yang sudah Anda buat. Okey

8. Santai saja tidak usah buru-buru.

Siapa sih yang tidak tau kalau buru-buru itu tidak baik. Dalam psikologi terburu-buru didasari perasaan atau emosi buruk, kalau yang Anda melakukan sesuatu didasari emosi buruk, percaya deh, hasilnya tidak akan bagus, tidak akan seperti yang Anda harapkan. Nah kalau sudah tidak seperti yang Anda harapkan, bagaimana Anda bisa puas !. Kalau Anda tidak puas, itu sama saja perbuatan yang sia-siakan!, nah kalau itu perbuatan yang sia-sia, berarti itu sama saja sudah membuang waktu Anda ! Kalau sudah membuang-buang waktu Anda, itu sama saja sudah membuang-buang uang Anda kan?.
Lah kok jadi panjang amat ya , amat aja gak panjang..
Santai aja sob! Belanda masih jauh, emangnya mau kemana sih sob ?

9. Kalau lapar makan dulu sob! :D

Selain memikirkan pembaca, Anda juga harus mencintai diri Anda. Dalam hukum tarik menarik, Anda harus menyayangi diri Anda jika Anda ingin banyak orang yang menyangi Anda. Apa itu hukum tarik menarik? kalau Anda belum tau ya klik aja ini → Hukum Tarik Menarik
Oh ya ngertikan maksudnya “kalau lapar makan dulu”.

Yapz betul sekali! Maksudnya bukan hanya makan saja, mungkin Anda capek, ya istirahat dulu aja, simpen tulisan Anda didalam DRAFT.
Jangan biarkan diri Anda sakit..

Oh ya, hal ini juga bisa mempengaruhi tulisan Anda, Jika Anda menulis dalam keadaan perut lapar, atau sedang Bad Mood, Maka tulisan Andapun akan berantakan, Okey!

10. Masukan gambar dalam setiap tulisan atau artikel yang Anda buat

Seperti pada poin ke tujuh, yaitu bahwa satu gambar sama dengan 1000 kata-kata. Kebaradaan Satu gambar saja bisa mewakili seluruh isi dari artikel yang sudah Anda buat. Tanpa adanya gambar rasanya suatu artikel itu kurang gimana gituh . Oh ya didalam ilmu Psikologi, membaca tulisan itu berguna untuk merangsang otak kiri, tapi melihat gambar berguna untuk merangsang otak kanan. Nah yang perlu Anda tau, Dalam mempelajari sesuatu itu, Merangsang otak kanan justru lebih efektif daripada merangsang otak kiri!. agar tulisan Anda bisa diserap dan dipahami dengan cepat oleh pembaca, Anda juga harus bisa merangsang otak kanan sipembaca.

Yang penting Anda tau lagi adalah masukanlah gambar hidup kedalam tulisan Anda tersebut. Apa itu gambar hidup? Gambar hidup adalah seperti gambar orang, benda, tumbuhan, pohon, bintang, dan lain sebagainya. Kalau Anda bingung, sederhananya begini saja, jangan masukan gambar yang didalam gambar itu hanya terdapat sebuah tulisan saja. seperti gambar dibawah ini:
14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik
Kenapa? Karena itu sama saja bukan gambar, itu sama saja tulisan, jadi percuma saja, ini tidak akan merangsang otak kanan si pembaca.

11. Buatlah judul dan deskripsi yang membuat penasaran si pembaca

Seperti yang sudah Anda tahu bahwa betapa sangat pentingnya suatu judul dan deskripsi dalam suatu artikel, jadi berpikirlah setidaknya 3 kali atau beratus-ratus kali dalam menulis sebuah judul dan deskripsi atau paragraph pertama dalam artikel Anda tersebut. Keberhasilan blog sukses itu adalah dari pembuatan judul dan deskripsinya yang sangat efektif. Jadi Hal Ini harus benar-benar Anda perhatikan dan terapkan dalam menulis sebuah artikel. Buatlah Sipembaca merasa penasaran ketika membaca judul dan deskripsi dari artikel yang sudah Anda buat tersebut!.

12. Masukan beberapa ungkapan dalam tulisan-tulisan Anda

Poin kesembilan ini tidak kalah pentingnya dari poin-poin sebelumnya yaitu dengan memasukan bebarapa ungkapan didalam tulisan Anda. Contoh ungkapan yang saya maksud sepertii ini → “Kalau pembaca sudah tersenyum-senyum sendiri persis seperti orang gila “.

Tujuan membuat ungkapan ini adalah agar sipembaca bisa menggambarkan didalam benak mereka, kemudian mengimajnasikannya. Hal Ini juga untuk merangsang otak kanan sipembaca juga.

13. Masukan sumber informasi dan bukti dari tulisan Anda

Adanya sebuah sumber informasi ini sangat penting untuk tingkat kepercayaan pada tulisan Anda. Adanya Sumber informasi ini akan meningkatkan rasa kepercayaan diri bagi sipembaca.

Contoh 1 : Michael Wyszomierski, seorang Project Manager di Google, mengatakan bahwa “Perbaiki atau Hapus artikel yang anda anggap memiliki kualitas yang rendah. Dengan dirilisnya Google Panda, Artikel/konten dengan kualitas rendah akan mengakibatkan efek buruk untuk rangking situs secara keseluruhan”.

Contoh 2 : Bagi para blogger Saya sarankan Anda untuk “Perbaiki atau Hapus artikel yang anda anggap memiliki kualitas yang rendah. Dengan dirilisnya Google Panda, Artikel/konten dengan kualitas rendah akan mengakibatkan efek buruk untuk rangking situs secara keseluruhan”

Nah saya ingin bertanya kepada Anda, Melihat contoh diatas, Anda lebih percaya yang mana? Kata-kata pada Contoh nomer 1 Atau kata-kata pada Contoh nomer 2? Kata-kata dari seorang project manajer google, atau kata-kata orang bodoh ini!

Jika pembaca sudah merasa percaya dengan tulisan yang Anda buat, pembaca tentu akan merasa terpuaskan dengan tulisan Anda, rasa dahaga pembaca bisa terobati. Tapi sebaliknya jika pembaca sudah tidak percaya dengan tulisan yang Anda buat, pembaca akan pergi begitu saja meninggalkan Anda tanpa mengucapkan kata “terima kasih” kepada Anda.

Jangankan kita-kita yang masih bodoh *Kita?? Lo aja kaleee

Seorang penulis besar seperti Rhonda byrne pun masih membutuhkan sumber-sumber informasi dari para guru-guru besar. Lihat Di → The Secret Versi Bahasa Indonesia.

Padahal tanpa dihadirkannya guru-guru besar tersebut, saya sebenarnya sudah percaya dengan tulisan dan kata-katanya, Karena Saya yakin kalau sebenernya rhonda byrne sudah sedikit paham tentang yang dituliskannya, tapi Rhonda byrne ingin kita mendengarnya langsung dari para guru-guru besar, Rhonda byrne ingin kita 100 kali lipat percaya. Bukan hanya percaya saja.

Selain sumber, Anda juga perlu bukti. Anda tau sendiri, kalau semua Orang itu perlu bukti, bukan hanya omong besar. Jadi mana buktinya? Baru mereka percaya! Itulah sifat umum manusia kebanyakan. Saya sebenarnya benci dengan hal ini.

14. Jika sudah selesai menulis, Koreksilah lagi atau baca ulang lagi

Poin terakhir ini adalah pekerjaan yang terlihat mudah, tapi paling malas dikerjakan? , padahal efeknya sangat besar ! Yah kebanyakan dari penulis-penulis blog termasuk saya, sangat malas sekali untuk mengkoreksi atau membaca ulang dari artikel yang sudah dibuat .

Poin ini tidak kalah pentingnya dari poin-poin sebelumnya, ya tentu saja agar tulisan bisa tampil sesempurna mungkin. Anda pasti taukan bahwa kadang-kadang pada tulisan pertama ada saja yang namanya salah pengetikan. poin ini juga agar Anda tau apakah artikel yang sudah Anda buat ini sudah pantas ditampilkan atau belum.

Tulisan adalah suatu seni komunikasi yang tidak kalah pentingnya dari ucapan atau suara-suara, bahkan kadang-kadang tulisan bisa lebih efektif dari ucapan, karena Anda tau sendirikan bahwa tulisan bisa diedit-edit ulang, sedangkan ucapan tidak. Jadi selama masih bisa diedit dan disempurnakan, ya toh tidak ada salahnya jika tulisan yang sudah Anda buat tersebut disempurnakan sesempurna mungkin!. Kan biar puas!

Ok  Cukup Sekian :).

Inti dari “14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik” adalah bertujuan agar sipembaca merasa terhibur, menikmati, dan juga merangsang otak kanannya. ok !

Terima kasih atas kunjungannya,

Saya doakan semoga rejeki Anda bertambah banyak setelah membaca artikel ini. Amin :)
(Baca Juga: Cara Mudah Membuat Like Box (Fans Page) Di Blogspot Dan WordPress)

Description: 14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik
Rating: 4.8
Reviewer: Ardiyansyah
ItemReviewed: 14 Tips dan kiat sukses menulis artikel yang baik


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di ARDI MASTER SEO

2 comments:

Komentar BLOG INI Tanpa Moderasi , Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai judul artikel. [Jangan Melakukan SPAM]

"Ardi Master SEO | Backlink, Traffic, Pengunjung, SEO, Google, Alexa, Blog Dofollow, Kontes SEO, Tutorial Blog, Template Blog"
Salam Blogger Indonesia dan Sukses Selalu ! :)

Popular Posts

Ardi Master SEO | Backlink, Traffic, Pengunjung, SEO, Google, Alexa, Blog Dofollow, Kontes SEO, Tutorial Blog, Template Blog Semua Ada Disini.